PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan ( PJOK )
Satuan Pendidikan : SDN 02 Penusupan
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kelas : I
Semester : I
TEMA
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
Waktu
|
Ket
|
1
Diriku
|
1
AkudanTemanBaru
|
3.1 Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Juli Mg Ke 3
|
|
|
4.1 Mempraktikkan prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
2
Tubuhku
|
3.8
Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh
disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
|
1x4JP
|
Juli Mg Ke 4
|
|
|
4.8
Menceritakan bagianbagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak
boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian
|
|
|
|
3
Aku Merawat Tubuhku
|
3.4 Memahami prosedur menjaga sikap
tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Agt Mg Ke 1
|
|
|
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian
tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga
kebersihannya, dan kebersihan pakaian
|
|
|
|
|
4.4 Mempratikkan prosedur menjaga sikap
tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
|
|
|
|
|
4.8. Menceritakan bagianbagian tubuh,
bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya,
dan kebersihan pakaian
|
|
|
|
4
Aku Istimewa
|
3.4 Memahami prosedur menjaga sikap
tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
1x4JP
|
Agt Mg Ke 2
|
|
|
4.4 Mempratikkan prosedur menjaga sikap
tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta
seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Agt Mg Ke 3
|
2
Kegemaranku
|
1
GemarBerolahraga
|
3.2 Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
1x4JP
|
Agt Mg Ke 4
|
|
|
4.2
Mempraktikkan prosedur gerak dasar non- lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
2
Gemar Bernyanyi dan Menari
|
3.2 Memahami prosedur gerak dasar non-lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
1x4JP
|
Agt Mg Ke 5
|
|
|
4.2
Mempraktikkan prosedur gerak dasar non- lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
3
Gemar
Menggambar
|
3.2 Memahami prosedur gerak
non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
|
1x4JP
|
Sep Mg Ke 1
|
|
|
4.2 Mempraktikkan prosedur gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
|
|
|
|
4
Gemar Membaca
|
3.2 Memahami prosedur gerak
non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
|
1x4JP
|
Sep Mg Ke 2
|
|
|
4.2 Mempraktikkan prosedur gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana atau tradisional
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Sep Mg Ke 3
|
3
Kegiatanku
|
1
Kegiatan Pagi Hari
|
3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
1x4JP
|
Sep Mg Ke 4
|
|
|
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
2
Kegiatan Siang Hari
|
3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
1x4JP
|
Okt Mg Ke 1
|
|
|
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
3
Kegiatan Sore Hari
|
3.2 Memahami prosedur pola gerak dasar
manipulative sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
1x4JP
|
Okt Mg Ke 3
|
|
|
3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
|
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak
dasar manipulative sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
|
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak
dasar manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
4
Kegiatan Malam Hari
|
3.3 Memahami prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan Keterhubungan dalam
berbagai Bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
1x4JP
|
Okt Mg Ke 4
|
|
|
4.3 Mempraktikkan prosedur pola gerak dasar
manipulatif sesuai konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
|
UlanganHarian
|
1x4JP
|
Nop Mg Ke 1
|
4
Keluargaku
|
1
AnggotaKeluargaku
|
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Nop Mg Ke 2
|
|
|
4.1. Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan
satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
2
Kegiatan Keluargaku
|
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Nov Mg Ke 3
|
|
|
4.1. Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan
satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
3
Keluarga
Besarku
|
3.1. Memahami prosedur gerak dasar lokomotor
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Nov Mg Ke 4
|
|
|
4.1. Mempraktikkan prosedur gerakan berjalan
satu arah dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
4
Kebersamaan Dalam Keluarga
|
3.1.
Memahami prosedur gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh,
ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
1x4JP
|
Nov Mg Ke 5
|
|
|
4.1. Mempraktikkan prosedur gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
|
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Nov Mg Ke 5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
NIP.
|
|
...............,
.....................2019
Guru PJOK
( )
NIP.
|
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan ( PJOK )
Satuan Pendidikan : SDN 02 PENUSUPAN
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Kelas : I
Semester : II
TEMA
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
Waktu
|
Ket
|
V
Pengalamanku
|
1
Pengalaman Masa Kecil
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan ( bertumpu, bergantung,
keseimbangan, berpindah /lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung,
keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 1
|
|
2
Pengalaman bersama teman
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan,
melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan
(bergantung,bertumpu, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 2
|
|
3
Pengalaman di sekolah
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak
dominan (bergantung, bertumpu, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 3
|
|
4
Pengalaman yang berkesan
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
4.5 Mempraktikkan berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 4
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Jan Mg ke 5
|
VI
lingkunan bersih, sehat dan asri
|
1
Lingkungan rumahku
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.5 Mempraktikkan berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 1
|
|
2
Lingkungan sekitar rumahku
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.5 Mempraktikkan berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 2
|
|
3
Gemar menggambar
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu,
bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan,
melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.5 Mempraktikkan berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor,tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 3
|
|
4
Gemar membaca
|
3.5 Memahami berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
4.5 Mempraktikkan berbagai gerak dominan
(bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran,
ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 4
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Mar Mg Ke 1
|
VII
benda hewan dan tanaman di sekitarku
|
1
Benda hidup dan benda tak hidup di sekitarku
|
3.6 Memahami gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor
dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
|
1x4JP
|
Mar Mg ke 2
|
|
2
Hewan di sekitarku
|
3.6 Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
1x4JP
|
Mar Mg Ke 4
|
|
3
Tanaman di sekitarku
|
3.6 Memahami gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan
non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam
aktivitas gerak berirama
|
1x4JP
|
Apr Mg ke 1
|
|
4
Bentuk ,warna ,ukurandanpermukaanbenda
|
3.6 Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan
irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
4.6 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai
dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama
|
1x4JP
|
Apr Mg Ke 2
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Apr Mg Ke 3
|
VIII
Peristiwa Alam
|
1
Peristiwa Siang dan Malam
|
3.7 Memahami berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
|
1x4JP
|
Apr Mg Ke 4
|
|
2
Musim Kemarau
|
3.7 Memahami berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
|
1x4JP
|
Mei Mg Ke 2
|
|
3
Musim Penghujan
|
3.7 Memahami berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
|
1x4JP
|
Mei Mg Ke 3
|
|
4
Bencana Alam
|
3.7 Memahami berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan berbagai pengenalan
aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/ orang lain dalam aktivitas air.
|
1x4JP
|
Mei Mg Ke 4
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Mei Mg Ke 5
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
NIP.
|
|
...............,
.....................2019
Guru PJOK
( )
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar