RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester : 4 /1
Tema
: Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema :
Manfaat Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : (5x35 menit) 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2 Memahami
tanda tempo dan tinggi rendah nada.
|
3.2.4 Menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi
rendah nada
|
4.2 Menampilkan
tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.
|
4.2.4 Menyanyikan lagu “Menanam
Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan.
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan pecahan-
pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
|
3.3.4 Membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan
senilai.
|
4.1 Mengidentifikasi
pecahan-pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
|
4.3.4 Menemukan pecahan- pecahan yang senilai dengan satu pecahan.
|
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.2 Memahami hak dan kewajiban
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.4 Menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara
seimbang.
|
4.2 Bekerjasama melaksanakan
hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.4 Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban
secara seimbang dalam kehidupan
masyarakat.
|
C.
TUJUAN
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
- Setelah bereksplorasi, siswa mampu membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai dengan benar.
- Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan pecahan-pecahan yang senilai dengan satu pecahan dengan benar.
- Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar.
- Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan dengan
D.
MATERI
- Contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
- Hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai.
- Menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Mengamati
B.
Mencoba
Pecahan senilai untuk
C.
Bernyanyi
1. Siswa akan kembali berlatih lagu
“Memanam Jagung”.
2. Guru mencontohkan lagu “Menanam Jagung”
dengan iringan ketukan tempo sedang.
Guru mencontohkan dengan ekspresi yang tepat.
3. Siswa menyanyikan syair lagu dengan
bersama-sama satu kelas dengan tempo sedang. Guru memberikan aba-aba ketukan
dengan tempo aba-abasedang.
4. Siswa dibagi ke dalam kelompok. Siswa
berlatih dalam kelompoknya syair lagu ini dengan tempo sedang, siswa juga
memperhatikan tinggi rendah nada. Siswa berlatih tempo dengan tepuk tangan.
5. Setiap siswa akan maju menyanyi di depan
kelas untuk penilaian. Guru mengingatkan ekspresi saat bernyanyi harus sesuai
dengan lagu.
6. Setelah semua siswa selesai, siswa
meminta pendapat teman di kelompoknya untuk menilai lagu yang dia telah
nyanyikan.
7. Hal-hal yang dinilai adalah:
-
Apakah tinggi rendah nada sudah sesuai?
-
Apakah tempo sudah sesuai.
-
Apakah ekspresi juga sudah tepat.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A. Renungkan
B.
Pengayaan
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan
pecahan senilai yang lebih rumit.
C.
Remidial
Siswa yang belum bisa pecahan senilai
dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam
belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan
untuk beberapa siswa sekaligus.
D.
Kerja Sama dengan Orang Tua
E.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
- Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
- Video Energi alternatif.
H.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
- Matematika: soal-soal latihan dinilai dengan penilaian angka.
- PPKn: Cerita pengalaman menggunakan kertas.
Beri tanda
centang (√) sesuai pencapaian siswa.
- SBdP-menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan tempo sedang.
Beri tanda
centang (√) sesuai pencapaian siswa.
·
Penilaian sikap (rasa ingin tahu, jujur,
teliti, hati-hati, bertanggung jawab).
NO
|
SIKAP
|
KRITERIA
|
Keterangan
|
|||
Belum Terlihat
|
Mulai terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
|||
1
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
|
2
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
3
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
4
|
Hati-hati
|
|
|
|
|
|
5
|
Bertanggungjawab
|
|
|
|
|
|
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
HERI EKO PURNOMO,S.Pd
NIP. 19621012
198405 1 003
|
Penusupan,……………..2019
Guru
Kelas 4,
UCI APRILIANTI,S.Pd
NIP. ……………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar