Rabu, 28 Agustus 2019

RPP KELAS 4 TEMA 2 SUB TEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan        :  SDN 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema                           :  Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema                     :  Manfaat  Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke           :  2
Alokasi waktu              : (5x35 menit) 1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : SBdP
Kompetensi
Indikator
3.2   Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.

3.2.4 Menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada

4.2   Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui lagu.
4.2.4  Menyanyikan lagu “Menanam
Jangung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan.




      Muatan : Matematika
Kompetensi
Indikator
3.1   Menjelaskan pecahan- pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.

3.3.4 Membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai.

4.1   Mengidentifikasi pecahan-pecahan yang senilai dengan gambar atau model kongkrit.
4.3.4 Menemukan pecahan- pecahan yang senilai dengan satu pecahan.

      Muatan : PPKn
Kompetensi
Indikator
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

1.2   Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

2.2  Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

3.2   Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2.4 Menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.

4.2   Bekerjasama melaksanakan
hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.4 Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan
masyarakat.

C.     TUJUAN
  1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.
  2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
  3. Setelah bereksplorasi, siswa mampu membuktikan hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai dengan benar.
  4. Setelah bereksplorasi, siswa mampu menemukan pecahan-pecahan yang senilai dengan satu pecahan dengan benar.
  5. Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar.
  6. Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan dengan

D.    MATERI
  1. Contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
  2. Hubungan pembilang dan penyebut antar pecahan senilai.
  3. Menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada.
E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
A.     Mengamati
  1. Secara individu siswa membaca teks  menghemat kertas yang ada di buku siswa.
  1. Siswa menuliskan sebanyak-banyaknya manfaat dari kertas. Siswa menuliskan pada tabel yang disiapkan.
  2. Setiap siswa memegang jawabannya. Siswa mencari pasangan dengan aba-aba  dari  guru. Siswa menyampaikan jawabannya teman pasangannya. Siswa menambahkan jawaban dari temannya ke tabel jika dirasa benar. Siswa bertukar pasangan sebanyak dua kali.
  3. Guru menanyakan: Apa yang terjadi jika tidak ada kertas? Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru menyampaikan pentingnya kertas dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Siswa dibagi menjadi kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masalah berikut.
    • Setujukah kamu dengan penggunaan kertas seperti pada gambar    berikut. Mengapa?
  1. Siswa mendiskusikan sikap dan alasannya.
  1. Setiap kelompok mempresentasikan jawabannya di depan kelas.
  2. Guru menguatkan bahwa kertas dibuat dari pohon. Ketika kita boros kertas sama artinya dengan memicu semakin cepat penebangan pohon. Guru juga menyampaikan dampak-dampak dari penebangan pohon.
  3. Ketika sudah selesai siswa kembali ke kelompoknya untuk mendiskusikan pertanyaan berikut.
    • Bagaimana penggunaan kertas yang baik? Mengapa?
    • Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?
    • Apakah dengan menghemat  kertas, kita sudah melaksanakan hak dan kewajiban kita seimbang? Jelaskan.
    • Tulislah cara untuk menghemat kertas?
  4. Siswa  menuliskan  jawabannya  di  kertas  bekas.  Salah  satu  perwakilan kelompok  akan  mempresentasikan  jawabannya  kepada  kelompok  lain. Siswa kelompok yang mendengarkan bisa memberikan saran dan pendapatnya.
  5. Guru memberikan penguatan bahwa menghemat kertas artinya kita melaksanakan hak dan kewajiban dengan seimbang. Guru menyampaikan sebisa mungkin menggunakan kertas bekas dalam kegiatan sehari-hari.
  1. Siswa menuliskan contoh-contoh kegiatan dalam melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang.
  2. Siswa menuliskan pengalamannya menggunakan kertas. (Penilaian 1)

B.     Mencoba
  1. Siswa bereksplorasi mencari pecahan-pecahan senilai.
  2. Siswa membuat pecahan 1 sampai 1/12. dengan menggunakan kertas bekas.Lihat panduan di buku siswa.
  3. Guru memberikan intruksi satu-persatu dan siswa menirukan. Guru memastikan semua siswa membuat model sebagai berikut.
  1. Siswa duduk dalam kelompok. Setiap siswa meletakkan pecahan yang sudah dibuatnya di depan meja masing-masing.
  2. Guru meminta siswa mengamati pecahan-pecahan yang sama panjang dengan .Siswa bisa mengambil pecahan-pecahan tersebut, menyusunnya dan menjelaskan kepada teman dalam kelompoknya bahwa pecahan tersebut sama dengan .
  1. Guru menyampaikan bahwa pecahan yang panjangnya sama tadi juga bisa disebut pecahan senilai.
Pecahan senilai untuk

  1. Secara individu siswa diminta menemukan pecahan yang senilai dengan   . Siswa mengamati pecahan  mengambilnya dan menemukan pecahan yang sama panjang dengan  (sama dengan cara menemukan pecahan yang senilai dengan  ).
  2. Siswa menuliskan pada diagram di buku siswa.
  3. Siswa menjelaskan kepada temannya mengapa pecahan-pecahan tersebut senilai dengan  .
  4. Kegiatan ini sama untuk pecahan yang senilai dengan .
  5. Siswa menuliskan pecahan-pecahan yang senilai tadi pada tabel.


  1. Guru meminta siswa melihat setiap kesamaan misalkan  atau  .
  2. Siswa menganalisis hubungan antara pembilang dan penyebut pada pecahan senilai?
  3. Siswa menyampaikan pendapat kelompoknya di depan kelas.
  4. Siswa menuliskan hasil kesimpulannya di buku siswa.
  5. Siswa juga melakukan eksplorasi untuk menemukan bilangan pengali pembilang dan penyebut.

  1. Siswa menuliskan kesimpulan.
  2. Diskusi kelas, guru memberikan penguatan bahwa Untuk menemukan pecahan senilai kamu bisa mengalikan atau membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Bilangan tersebut adalah bilangan bulat bukan 0.
  3. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku siswa.
  4. Setelah selesai menjawab siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya. Guru menguatkann jawaban siswa dan memberi kesempatan bertanya jika ada hal-hal yang belum jelas.

C.     Bernyanyi
1.      Siswa akan kembali berlatih lagu “Memanam Jagung”.
2.      Guru mencontohkan lagu “Menanam Jagung” dengan iringan ketukan  tempo sedang. Guru mencontohkan dengan ekspresi yang tepat.
3.      Siswa menyanyikan syair lagu dengan bersama-sama satu kelas dengan tempo sedang. Guru memberikan aba-aba ketukan dengan tempo aba-abasedang.
4.      Siswa dibagi ke dalam kelompok. Siswa berlatih dalam kelompoknya syair lagu ini dengan tempo sedang, siswa juga memperhatikan tinggi rendah nada. Siswa berlatih tempo dengan tepuk tangan.
5.      Setiap siswa akan maju menyanyi di depan kelas untuk penilaian. Guru mengingatkan ekspresi saat bernyanyi harus sesuai dengan lagu.
6.      Setelah semua siswa selesai, siswa meminta pendapat teman di kelompoknya untuk menilai lagu yang dia telah nyanyikan.
7.      Hal-hal yang dinilai adalah:
-  Apakah tinggi rendah nada sudah sesuai?
-  Apakah tempo sudah sesuai.
-  Apakah ekspresi juga sudah tepat.


    150
    menit

Kegiatan
Penutup
A.     Renungkan
  1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran buku guru.
           
B.     Pengayaan
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan pecahan senilai yang lebih rumit.

C.     Remidial
Siswa yang belum bisa pecahan senilai dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

D.    Kerja Sama dengan Orang Tua
  • Siswa menyampaikan  kepada orang tuanya pentingnya kertas.
  • Siswa mendiskusikan dengan orang tuanya apakah dikeluarganya sudah menghemat kertas.

E.     Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
  2. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  3. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
  4. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
  5. Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
  6. Video Energi alternatif.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

  1. Matematika: soal-soal latihan dinilai dengan penilaian angka.

  1. PPKn: Cerita pengalaman menggunakan kertas.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

  1. SBdP-menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan tempo sedang.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.


·        Penilaian sikap (rasa ingin tahu, jujur,  teliti, hati-hati, bertanggung jawab).
NO
SIKAP
KRITERIA
Keterangan
Belum Terlihat
Mulai terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
1
Rasa ingin tahu





2
Jujur





3
Teliti





4
Hati-hati





5
Bertanggungjawab






Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                   :………..
3. Momen Spesial         :………….






Mengetahui
Kepala Sekolah,



HERI EKO PURNOMO,S.Pd
NIP. 19621012 198405 1 003
Penusupan,……………..2019
Guru Kelas 4,



UCI APRILIANTI,S.Pd
NIP. ……………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP KELAS 4 TEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan      :   SD NEGERI 02 PENUSUPAN Kelas / Semester       ...