RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester : 4 /1
Tema
: Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema :
Manfaat Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu : (5x35 menit) 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : IPA
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5 Memahami
berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif
(angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari-hari.
|
3.5.2 Mengidentifikasi manfaat perubahan berbagai bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.5 Menyajikan
laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan
bentuk energi.
|
4.5.2 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi.
|
Muatan : PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1 Memahami prosedur variasi
pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar
sederhana dan atau tradisional*.
|
3.1.2 Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar
non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan Bola Zig-Zag.
|
4.1 Mempraktikkan prosedur
variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai
dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau
tradisional.
|
4.1.2 Mempraktikan prosedur variasi pola gerak dasar
non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan Bola Zig-Zag.
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4 Membandingkan teks
petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.
|
3.4.1 Mempraktikkan teks petunjuk yang dbaca.
|
4.4 Menyajikan teks petunjuk
penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku
dan kalimat efektif.
|
4.4.1 Menyajikan teks petunjuk
tentang menggunakan listrik yang aman.
|
C.
TUJUAN
- Dengan permainan Bola Zig-Zag, siswa mampu menjelaskan aturan permainan tersebut dan manfaatnya guna meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan tepat.
- Dengan permainan Bola Zig-Zag, siswa mampu mempraktikan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan tepat.
- Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
- Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.
- Dengan mengamati dan membaca teks petunjuk, siswa mampu mempraktikkan petunjuk yang dibacanya (permainan bola zig zag) dengan benar.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan sistematis.
D.
MATERI
1.
Gerak
dasar lokomotor dan non lokomotor,
2.
Permainan
bola zig-zag.
3.
Manfaat
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Pengamatan
tentang perubahan bentuk energi.
5.
Menyajikan
teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Berlatih
a. Peregangan: mempraktikkan gerakan non
lokomotor:
·
Memutar
pinggang
·
Menekuk
badan, tangan, dan kaki,
·
Memiringkan
badan
·
Membentang
tangan dan kaki
·
Memutar
badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang
b. Pemanasan: mempraktikan variasi gerak
dasar Lokomotor:
·
Jalan
dengan lintasan lurus dan zig-zag
·
Lari
dengan lintasan lurus dan zig-zag.
B.
Mengamati
C.
Membaca
1. Siswa membaca senyap teks yang berisi
tentang cara aman menggunakan listrik.
2. Siswa menuliska teks petunjuk cara aman
menggunakan listrik berdasarkan bacaan dan hasil diskusi.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A. Renungkan
B.
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat
diberikan materi kosa kata baku dan kalimat efektif sebagai bekal dalam
menuliskan teks petunjuk.
C.
Remidial
Bagi siswa yang belum terampil
menuliskan teks petunjuk, akan diberikan pendampingan oleh guru.
D.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa
mendiskusikan bersama orang tua tentang cara aman menggunakan listrik di rumah.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chotib.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
- Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang energi matahari.
- Bola plastic, atau bola terbuat dari kertas bekas untuk kegiatan olahraga.
H.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki
proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- PJOK
a.
Ketrampilan
siswa dalam melakukan variasi gerakan dasar Lempar dalam permainan Lempar Bola
Zig-Zag dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
b. Keterampilan
dasar Non Lokomotor dan manipulatif
dinilai menggunakan daftar periksa
Beri tanda centang (√) sesuai
pencapaian siswa
- IPA
Tulisan
hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
3. Bahasa Indonesia
Teks
Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
I.
Catatan Anekdot untuk mencatat
sikap (disiplin dan tanggung jawab)
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü
Belum terlihat
ü
Mulai terlihat
ü
Mulai berkembang
ü
Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama :
……………………….
Kelas/Semester :
.....................................
Pelaksanaan
Pengamatan :
.....................................
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
HERI EKO PURNOMO,S.Pd,
NIP. 19621012
198405 1 003
|
Penusupan,………………..
Guru
Kelas 4,
UCI APRILIANTI,S.Pd.
NIP. ……………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar