Sabtu, 24 Agustus 2019

RPP KELAS 4 TEMA 2 SUB 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan        :  SDN 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema                           :  Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema                     :  Manfaat  Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke           :  3
Alokasi waktu              : (5x35 menit) 1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.            Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.            Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : IPA
Kompetensi
Indikator
3.5  Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.

3.5.2 Mengidentifikasi manfaat perubahan berbagai bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.

4.5  Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
4.5.2 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi.



      Muatan : PJOK
Kompetensi
Indikator
3.1    Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*.

3.1.2  Menjelaskan  prosedur variasi pola gerak dasar non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan Bola Zig-Zag.

4.1    Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.1.2  Mempraktikan  prosedur variasi pola gerak dasar non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan Bola Zig-Zag.

    Muatan :   Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.4    Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan berbeda.

3.4.1  Mempraktikkan teks petunjuk yang dbaca.

4.4    Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
4.4.1  Menyajikan teks petunjuk tentang menggunakan listrik yang aman.

C.     TUJUAN
  1. Dengan permainan Bola Zig-Zag, siswa mampu menjelaskan aturan permainan tersebut dan manfaatnya guna meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan tepat.
  2. Dengan permainan Bola Zig-Zag, siswa mampu mempraktikan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan tepat.
  3. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat  perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
  4. Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.
  5. Dengan mengamati dan membaca teks petunjuk, siswa mampu mempraktikkan petunjuk yang dibacanya (permainan bola zig zag) dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan sistematis.

D.    MATERI
1.      Gerak dasar lokomotor dan non lokomotor,
2.      Permainan bola zig-zag.
3.      Manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Pengamatan tentang perubahan bentuk energi.
5.      Menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
A.     Berlatih
  1. Siswa membaca teks tentang  aturan permainan Lempar Bola Zig-Zag yang ada di buku.
  1. Guru memberikan penguatan tentang aturan permainan tersebut.
  1. Siswa berdoa sebelum melakukan kegiatan olahraga.
  2. Siswa melakukan pemanasan dengan tahapan:
a.       Peregangan: mempraktikkan gerakan non lokomotor:
·        Memutar pinggang
·        Menekuk badan, tangan, dan kaki,
·        Memiringkan badan
·        Membentang tangan dan kaki
·        Memutar badan menghadap ke kiri, ke kanan, dan ke belakang
b.      Pemanasan: mempraktikan variasi gerak dasar Lokomotor:
·        Jalan dengan lintasan lurus dan zig-zag
·        Lari dengan lintasan lurus dan zig-zag.
  1. Guru menugaskan beberapa siswa untuk memimpin pemanasan di depan teman- teman yang lain.
  2. Siswa dibagi dalam kelompok sesuai kebutuhan.
  3. Guru memberi penguatan tentang variasi permainan Lempar Bola Zig-Zag yang akan dimainkan.
  1. Siswa melakukan permainan dengan mempraktikkan nilai kerja sama, disiplin, dan sportivitas.
  2. Guru mengawasi jalannya permainan dan dapat memberikan penilaian menggunakan rubrik.
  1. Olahraga diakhiri dengan kegiatan Refleksi: siswa berdiskusi menjawab pertanyaan yang terdapat di buku dan menuliskannya dalam kolom yang tersedia

B.     Mengamati
  1. Siswa mengamati gambar seorang anak yang bermain layangan di dekat tiang dan kabel listrik.
  2. Siswa menganalisis kegiatan tersebut kemudian menuliskan pendapatnya tentang perilaku tersebut serta dampak negatif yang dapat terjadi.
  1. Guru memberikan penguatan tentang bahaya arus listrik.
  2. Siswa mengamati gambar rumah dengan setiap bagian ruangannya.
  3. Siswa mengidentifikasi beragam benda elektronik yang biasa terdapat dalam setiap ruangan dan bahaya yang dapat ditimbulkan dari benda tersebut.
  4. Siswa menganalisis cara aman menggunakan benda-benda elektronik tersebut.
  5. Siswa menuliskan hasil analisis dan mendiskusikannya bersama guru.


C.     Membaca
1.      Siswa membaca senyap teks yang berisi tentang cara aman menggunakan listrik.
2.      Siswa menuliska teks petunjuk cara aman menggunakan listrik berdasarkan bacaan dan hasil diskusi.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
A.     Renungkan
  1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan   yang terdapat dalam buku siswa
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama, Buku Guru.
           
B.     Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat diberikan materi kosa kata baku dan kalimat efektif sebagai bekal dalam menuliskan teks petunjuk.

C.     Remidial
Bagi siswa yang belum terampil menuliskan teks petunjuk, akan diberikan pendampingan oleh guru.

D.    Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mendiskusikan bersama orang tua  tentang  cara aman menggunakan listrik di rumah.

Salam dan do’a penutup.
    15
    menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
  2. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  3. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chotib.
  4. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
  5. Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang energi matahari.
  6. Bola plastic, atau bola terbuat dari kertas bekas untuk kegiatan olahraga.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

  1. PJOK
a.       Ketrampilan siswa dalam melakukan variasi gerakan dasar Lempar dalam permainan Lempar Bola Zig-Zag dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.




b.      Keterampilan dasar Non Lokomotor dan manipulatif  dinilai menggunakan daftar periksa
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa


  1. IPA
Tulisan hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
3.      Bahasa Indonesia
Teks Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

I.       Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
Catatan:
  • Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü   Belum terlihat
ü   Mulai terlihat
ü   Mulai berkembang
ü   Sudah terlihat/membudaya
  • Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.

Contoh alternatif penilaian sikap
Nama                                             : ……………………….
Kelas/Semester                              : .....................................
Pelaksanaan Pengamatan                : .....................................

No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Keterangan
1.
Disiplin





2.
Tanggung jawab












Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.


Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                   :………..
3. Momen Spesial         :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,



HERI EKO PURNOMO,S.Pd,
NIP. 19621012 198405 1 003
Penusupan,………………..
Guru Kelas 4,



UCI APRILIANTI,S.Pd.
NIP. ……………………..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP KELAS 4 TEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan      :   SD NEGERI 02 PENUSUPAN Kelas / Semester       ...