RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester : 4 /1
Tema
: Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema :
Manfaat Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : (5x35 menit) 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : SBdP
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2 Memahami
tanda tempo dan tinggi rendah nada
|
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu Menanam Jagung
|
4.2 Menampilkan
tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu
|
4.3.2 Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi
rendah nada
|
Muatan : IPS
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1 Mengidentifikasi
karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam
untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
|
4.1 Menyajikan hasil
identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
|
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan
cacah maupun pecahan.
|
3.3.3 Menjelaskan prosedur penaksiran bilangan cacah.
|
4.3 Menyelesaikan masalah
penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan
cacah maupun pecahan.
|
4.3.3 Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan
cacah.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
- Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
- Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan benar.
- Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan percaya diri.
- Setelah disajikan soal-soal, siswa mampu menjelas prosedur penaksiran bilangan cacah dengan tepat.Setelah disajikan soal-soal, siswa mampu menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran bilangan cacah dengan benar.
D.
MATERI
1. Menyanyikan lah
Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
2. Pemanfaatan
sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat.
3. Penaksiran
bilangan cacah.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Berlatih
B. Mengamati
·
Guru
bertanya:
Apakah kamu tahu apa saja manfaat dari
batu bara?
C.
Berdiskusi
1. Siswa membaca soal cerita dan
mendiskusikan secara berpasangan.
2. Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat
dalam buku siswa.
D.
Ayo Simpulkan (menalar, menanya dan
mengkomunikasikan)
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A. Renungkan
B.
Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa
berlatih menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia secara berpasangan.
C.
Remidial
Siswa yang belum memahami penaksiran
bilangan cacah dapat diberikan bentuk-bentuk konkret tentang materi terkait
dan mendiskusikannya dengan guru atau teman.
D.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mengamati pemanfaatan sumber daya
alam di lingkungan rumah dan sekitar tempat tinggal mereka. Siswa menuliskan
hasil pengamatan mereka di buku siswa.
E.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chotib.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
- Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
- Bekal makanan/minuman siswa
H.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- IPS
Diskusi dan
presentasi dinilai dengan rubrik
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
- SBdP
Proses
pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü
Belum terlihat
ü
Mulai terlihat
ü
Mulai berkembang
ü
Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama :
……………………….
Kelas/Semester :
.....................................
Pelaksanaan
Pengamatan :
.....................................
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
Kesesuaian tempo
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian tinggi rendah nada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
- Matematika
Penyelesaian
soal-soal penaksiran dinilai dengan angka (skoring)
I.
Catatan
anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin, Tanggung Jawab)
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü
Belum terlihat
ü
Mulai terlihat
ü
Mulai berkembang
ü
Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama :
……………………….
Kelas/Semester :
.....................................
Pelaksanaan
Pengamatan :
.....................................
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
HERI EKO PURNOMO,S.Pd,
NIP. 19621012
198405 1 003
|
Penusupan,………………
Guru
Kelas 4,
UCI APRILIANTI,S.Pd.
NIP. …………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar