Senin, 12 Agustus 2019

PROTA PJOK KELAS 3


PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran          :     Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Nama Sekolah           :     SD NEGERI 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester        :     III (Tiga) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran       :     2019/2020
TEMA
Sub Tema
Kompetensi Dasar
AW
Ket
I
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
1
Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan
3. 5 Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4. 5 Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).
3.2   Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
1x4JP
Juli Mg Ke 4

2
Perkembangbiakan Tumbuhan
3.1   Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1x4JP
Juli Mg Ke 5


4.1   Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.



3
Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka
3.1   Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1   Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1x4JP
Agt Mg ke 1


Ulangan Harian
1x4JP
Agt Mg Ke 3
2
Perkembangan Teknologi
1
Perkembangan Teknologi Pangan
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.9    Mengetahui manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.9    Memakai pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
3.6    Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6    Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
1x4JP
Agt Mg ke 4

2
Perkembangan Teknologi Komuniasi
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1x4JP
Agt Mg Ke 5

3
Perkembangan Teknologi Transportasi
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5    Mempraktikkankombinasi berbagai polagerak dasar dominanstatis (bertumpu dengantangan dan lengandepan/belakang/samping, bergantung,sikap kapal terbang, danberdiri dengan salahsatu kaki), serta polagerak dominan dinamis(menolak, mengayun,melayang di udara,berputar, dan mendarat)dalam aktivitas senam.
1x4JP
Sep Mg Ke 2


Ulangan Harian
1x4JP
Sep Mg Ke 4
3
Perubahan Alam
1
Perkembangan Teknologi Pangan
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerakdalam berbagai bentukpermainan sederhanadan atau tradisional.
3.8    Mengetahui konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga kesehatan.
4.8    Mempraktikkanpemenuhan kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan.
1x4JP
Sep Mg ke 4

2
Perubahan Iklim dan Cuaca
3.8    Mengetahui konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga kesehatan.
4.8    Mempraktikkanpemenuhan kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan.
3.1    Mengetahui konsepgerak kombinasi polagerak dasar lokomotordalam berbagai bentukpermainan sederhanadan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkankombinasi pola gerakdasar lokomotor yangdilandasi konsep gerakdalam berbagai bentukpermainan sederhanadan atau tradisional.
1x4JP
Sep Mg Ke 5

3
Perubahan Musim
3.8    Mengetahui konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga kesehatan.
4.8    Mempraktikkanpemenuhan kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan.
1x4JP
Okt Mg Ke 2


Ulangan Harian
1x4JP
Okt Mg Ke 4
4
Peduli Lingkungan Sosial
1
Perkembangan Teknologi Pangan

3.4    Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
4.4    Mempraktikkancara memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
1x4JP
Okt Mg ke 5

2
Permasalahan di Lingkungan Sosial
3.4    Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
4.4    Mempraktikkancara memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
1x4JP
Nov Mg Ke 1

3
Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial
3.4    Mengetahui cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
4.4    Mempraktikkancara memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
1x4JP
Nov Mg Ke 2


Ulangan Harian
1x4JP
Nov Mg Ke 4









Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                         )
                NIP.

..............., .....................2019
Guru PJOK



(                                         )
               NIP.


























































PROGRAM TAHUNAN

Mata Pelajaran          :     Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Nama Sekolah           :     SD NEGERI 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester        :     III (Tiga) / 2 (Dua)
Tahun Pelajaran       :     2019/2020
TEMA
Sub Tema
Kompetensi Dasar
AW
Ket
5
Permainan Tradisional
1
Olah Raga Tradisional
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1x4JP
Jan Mg Ke 1

2
Permainan Tradisional di Daerahku
3.2   Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2   Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
1x4JP
Jan Mg Ke 2

3
Melestarikan Olahraga dan Permainan Tradisional di Daerahku
3.3   Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana.
4.3   Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
1x4JP
Jan Mg Ke 3


Ulangan Harian
1x4JP
Jan Mg Ke 4
6
Indahnya Persahabatan
1
Temanku Sahabatku
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1x4JP
Jan Mg Ke 5

2
Tumbuhan Sahabatku
3.6    Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6    Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
1x4JP
Feb Mg Ke 1

3
Sahabat Satwa
3.6    Mengetahui konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.6    Mempraktikkan penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
1x4JP
Feb Mg Ke 2


Ulangan Harian
1x4JP
Feb Mg Ke 3
7
Energi dan Perubahannya
1
Sumber Energi
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
1x4JP
Feb Mg Ke 4

2
Perubahan Energi
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
1x4JP
Mar Mg Ke 1

3
Energi Alternatif
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
1x4JP
Mar Mg Ke 2


Ulangan Harian
1x4JP
Mar Mg Ke 4
8
Bumi dan Alam Semesta
1
Bumi Bagian Dari Alam Semesta
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
1x4JP
Apr Mg Ke 1

2
Ketampakan Rupa Bumi
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.7    Mengetahui konsep gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam aktivitas air.
4.7    Mempraktikkan gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam aktivitas air.
1x4JP
Apr Mg Ke 2

3
Perubahan Rupa Bumi
3. 5   Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4. 5   Mempraktikkan pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat).
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
1x4JP
Apr Mg Ke 3


Ulangan Harian
1x4JP
Apr Mg Ke 4





Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                         )
                NIP.

..............., .....................2019
Guru PJOK



(                                         )
               NIP.






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP KELAS 4 TEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan      :   SD NEGERI 02 PENUSUPAN Kelas / Semester       ...