PROGRAM TAHUNAN
Mata
Pelajaran          :     Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
(PJOK)
Nama Sekolah           :     SD NEGERI 02 PENUSUPAN 
Kelas / Semester        :     III (Tiga) / 1 (Satu) 
Tahun Pelajaran       :     2019/2020
| 
    
TEMA 
 | 
   
    
Sub Tema 
 | 
   
    
Kompetensi Dasar 
 | 
   
    
AW 
 | 
   
    
Ket 
 | 
  
| 
   
I 
Perkembangbiakan
  Hewan dan Tumbuhan 
 | 
  
   
1 
Perkembangbiakan
  dan Daur Hidup Hewan 
 | 
  
   
3. 5  Mengetahui konsep kombinasi
  berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
  depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri. 
4. 5  Mempraktikkan pola gerak
  dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
  depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
  salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
  melayang di udara, berputar, dan mendarat). 
3.2   Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor
  dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.2    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Juli Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Perkembangbiakan Tumbuhan 
 | 
  
   
3.1   Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Juli Mg Ke 5 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
4.1   Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka 
 | 
  
   
3.1   Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.1   Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Agt Mg ke 1 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Agt Mg Ke 3 
 | 
 
| 
   
2 
Perkembangan Teknologi 
 | 
  
   
1 
Perkembangan
  Teknologi Pangan 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
3.9    Mengetahui
  manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang
  diikuti. 
4.1    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.9    Memakai
  pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti. 
3.6    Mengetahui konsep
  penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
  manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
  gerak ritmik. 
4.6    Mempraktikkan
  penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama
  (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Agt Mg ke 4 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Perkembangan Teknologi Komuniasi 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Agt Mg Ke 5 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Perkembangan Teknologi Transportasi 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
3.5    Mengetahui konsep
  kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
  dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
  berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
  mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam. 
4.5    Mempraktikkankombinasi
  berbagai polagerak dasar dominanstatis (bertumpu dengantangan dan lengandepan/belakang/samping,
  bergantung,sikap kapal terbang, danberdiri dengan salahsatu kaki), serta
  polagerak dominan dinamis(menolak, mengayun,melayang di udara,berputar, dan
  mendarat)dalam aktivitas senam. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Sep Mg Ke 2 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Sep Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   
3 
Perubahan Alam 
 | 
  
   
1 
Perkembangan
  Teknologi Pangan 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui konsep
  gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
  sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerakdalam
  berbagai bentukpermainan sederhanadan atau tradisional. 
3.8    Mengetahui
  konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga
  kesehatan. 
4.8    Mempraktikkanpemenuhan
  kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Sep Mg ke 4 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Perubahan Iklim dan Cuaca 
 | 
  
   
3.8    Mengetahui
  konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga
  kesehatan. 
4.8    Mempraktikkanpemenuhan
  kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan. 
3.1    Mengetahui
  konsepgerak kombinasi polagerak dasar lokomotordalam berbagai bentukpermainan
  sederhanadan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkankombinasi
  pola gerakdasar lokomotor yangdilandasi konsep gerakdalam berbagai
  bentukpermainan sederhanadan atau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Sep Mg Ke 5 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Perubahan Musim 
 | 
  
   
3.8    Mengetahui
  konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga
  kesehatan. 
4.8    Mempraktikkanpemenuhan
  kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Okt Mg Ke 2 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Okt Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   
4 
Peduli Lingkungan Sosial 
 | 
  
   
1 
Perkembangan
  Teknologi Pangan 
 | 
  
   
3.4    Mengetahui cara
  memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
  danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
  pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional. 
4.4    Mempraktikkancara
  memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan,
  sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
  pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Okt Mg ke 5 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Permasalahan di Lingkungan Sosial 
 | 
  
   
3.4    Mengetahui cara
  memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
  danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
  pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional. 
4.4    Mempraktikkancara
  memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan,
  sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
  pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Nov Mg Ke 1 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial 
 | 
  
   
3.4    Mengetahui
  cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
  danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
  pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional. 
4.4    Mempraktikkancara
  memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan,
  sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
  pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Nov Mg Ke 2 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Nov Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala Sekolah 
(                                         ) 
               
  NIP. 
 | 
  
   | 
  
   
...............,
  .....................2019 
Guru PJOK 
(                                         ) 
              
  NIP. 
 | 
 
PROGRAM TAHUNAN
Mata
Pelajaran          :     Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
(PJOK)
Nama Sekolah           :     SD NEGERI 02 PENUSUPAN 
Kelas / Semester        :     III (Tiga) / 2 (Dua) 
Tahun Pelajaran       :     2019/2020
| 
    
TEMA 
 | 
   
    
Sub Tema 
 | 
   
    
Kompetensi Dasar 
 | 
   
    
AW 
 | 
   
    
Ket 
 | 
  
| 
   
5 
Permainan Tradisional 
 | 
  
   
1 
Olah
  Raga Tradisional 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui konsep gerak
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
  sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan kombinasi
  pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Jan Mg Ke 1 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Permainan Tradisional di Daerahku 
 | 
  
   
3.2   Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.2   Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Jan Mg Ke 2 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Melestarikan Olahraga dan Permainan
  Tradisional di Daerahku 
 | 
  
   
3.3   Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana. 
4.3   Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Jan Mg Ke 3 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Jan Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   
6 
Indahnya Persahabatan 
 | 
  
   
1 
Temanku
  Sahabatku 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Jan Mg Ke 5 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Tumbuhan Sahabatku 
 | 
  
   
3.6    Mengetahui
  konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
  manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
  gerak ritmik. 
4.6    Mempraktikkan
  penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan
  manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
  gerak ritmik. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Feb Mg Ke 1 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Sahabat Satwa 
 | 
  
   
3.6    Mengetahui
  konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
  manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
  gerak ritmik. 
4.6    Mempraktikkan
  penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan
  manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
  gerak ritmik. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Feb Mg Ke 2 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Feb Mg Ke 3 
 | 
 
| 
   
7 
Energi dan Perubahannya 
 | 
  
   
1 
Sumber
  Energi 
 | 
  
   
3.5    Mengetahui
  konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
  tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang,
  dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis
  (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam
  aktivitas senam.  
4.5    Mempraktikkan
  kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
  dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
  berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
  mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Feb Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Perubahan Energi 
 | 
  
   
3.5    Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola
  gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
  depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
  salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
  di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.  
4.5    Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak
  dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/
  belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah
  satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di
  udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Mar Mg Ke 1 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Energi Alternatif 
 | 
  
   
3.5    Mengetahui
  konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
  tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang,
  dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis
  (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam
  aktivitas senam.  
4.5    Mempraktikkan
  kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
  dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
  berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
  mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Mar Mg Ke 2 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Mar Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   
8 
Bumi dan Alam Semesta 
 | 
  
   
1 
Bumi
  Bagian Dari Alam Semesta 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
3.3    Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.3    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Apr Mg Ke 1 
 | 
 
| 
   | 
  
   
2 
Ketampakan Rupa Bumi 
 | 
  
   
3.1    Mengetahui
  konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
  permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan
  kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
3.7    Mengetahui
  konsep gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam
  aktivitas air.  
4.7    Mempraktikkan
  gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam aktivitas
  air. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Apr Mg Ke 2 
 | 
 
| 
   | 
  
   
3 
Perubahan Rupa Bumi 
 | 
  
   
3. 5   Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola
  gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/
  belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri. 
4. 5   Mempraktikkan pola gerak dasar dominan
  statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung,
  sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak
  dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan
  mendarat). 
3.1    Mengetahui konsep gerak kombinasi pola
  gerak dasar lokomotor dalam  berbagai
  bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. 
4.1    Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar
  lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
  sederhana dan atau tradisional. 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Apr Mg Ke 3 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Ulangan Harian 
 | 
  
   
1x4JP 
 | 
  
   
Apr Mg Ke 4 
 | 
 
| 
   
Mengetahui 
Kepala Sekolah 
(                                         ) 
               
  NIP. 
 | 
  
   | 
  
   
..............., .....................2019 
Guru PJOK 
(                                         ) 
              
  NIP. 
 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar