PROGRAM TAHUNAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
(PJOK)
Nama Sekolah : SD NEGERI 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1 (Satu)
Tahun Pelajaran : 2019/2020
TEMA
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
Ket
|
I
Perkembangbiakan
Hewan dan Tumbuhan
|
1
Perkembangbiakan
dan Daur Hidup Hewan
|
3. 5 Mengetahui konsep kombinasi
berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4. 5 Mempraktikkan pola gerak
dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun,
melayang di udara, berputar, dan mendarat).
3.2 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
|
1x4JP
|
Juli Mg Ke 4
|
|
2
Perkembangbiakan Tumbuhan
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Juli Mg Ke 5
|
|
|
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
|
|
|
3
Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Agt Mg ke 1
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Agt Mg Ke 3
|
2
Perkembangan Teknologi
|
1
Perkembangan
Teknologi Pangan
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
3.9 Mengetahui
manfaat pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang
diikuti.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.9 Memakai
pakaian dan atribut yang sesuai untuk jenis aktivitas fisik yang diikuti.
3.6 Mengetahui konsep
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak rimtik.
|
1x4JP
|
Agt Mg ke 4
|
|
2
Perkembangan Teknologi Komuniasi
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Agt Mg Ke 5
|
|
3
Perkembangan Teknologi Transportasi
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.5 Mengetahui konsep
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkankombinasi
berbagai polagerak dasar dominanstatis (bertumpu dengantangan dan lengandepan/belakang/samping,
bergantung,sikap kapal terbang, danberdiri dengan salahsatu kaki), serta
polagerak dominan dinamis(menolak, mengayun,melayang di udara,berputar, dan
mendarat)dalam aktivitas senam.
|
1x4JP
|
Sep Mg Ke 2
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Sep Mg Ke 4
|
3
Perubahan Alam
|
1
Perkembangan
Teknologi Pangan
|
3.1 Mengetahui konsep
gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerakdalam
berbagai bentukpermainan sederhanadan atau tradisional.
3.8 Mengetahui
konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga
kesehatan.
4.8 Mempraktikkanpemenuhan
kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan.
|
1x4JP
|
Sep Mg ke 4
|
|
2
Perubahan Iklim dan Cuaca
|
3.8 Mengetahui
konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga
kesehatan.
4.8 Mempraktikkanpemenuhan
kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan.
3.1 Mengetahui
konsepgerak kombinasi polagerak dasar lokomotordalam berbagai bentukpermainan
sederhanadan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkankombinasi
pola gerakdasar lokomotor yangdilandasi konsep gerakdalam berbagai
bentukpermainan sederhanadan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Sep Mg Ke 5
|
|
3
Perubahan Musim
|
3.8 Mengetahui
konsepkebutuhan istirahat,tidur, dan pengisianwaktu luang untukmenjaga
kesehatan.
4.8 Mempraktikkanpemenuhan
kebutuhanistirahat, tidur, danpengisian waktuluang untuk menjagakesehatan.
|
1x4JP
|
Okt Mg Ke 2
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Okt Mg Ke 4
|
4
Peduli Lingkungan Sosial
|
1
Perkembangan
Teknologi Pangan
|
3.4 Mengetahui cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
4.4 Mempraktikkancara
memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan,
sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
|
1x4JP
|
Okt Mg ke 5
|
|
2
Permasalahan di Lingkungan Sosial
|
3.4 Mengetahui cara
memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
4.4 Mempraktikkancara
memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan,
sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
|
1x4JP
|
Nov Mg Ke 1
|
|
3
Kepedulian Terhadap Lingkungan Sosial
|
3.4 Mengetahui
cara memilih dan mengenakan pakaian untuk berolahraga, cara pemanasan
danpendinginan, sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
4.4 Mempraktikkancara
memilih danmengenakan pakaianuntuk berolahraga,cara pemanasan danpendinginan,
sertabergerak secara kuat,tepat, koordinatif dalamrangka
pengembangankebugaran jasmani melaluipermainan sederhana danatau tradisional.
|
1x4JP
|
Nov Mg Ke 2
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Nov Mg Ke 4
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
NIP.
|
|
...............,
.....................2019
Guru PJOK
( )
NIP.
|
PROGRAM TAHUNAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
(PJOK)
Nama Sekolah : SD NEGERI 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester : III (Tiga) / 2 (Dua)
Tahun Pelajaran : 2019/2020
TEMA
|
Sub Tema
|
Kompetensi Dasar
|
AW
|
Ket
|
5
Permainan Tradisional
|
1
Olah
Raga Tradisional
|
3.1 Mengetahui konsep gerak
kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 1
|
|
2
Permainan Tradisional di Daerahku
|
3.2 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 2
|
|
3
Melestarikan Olahraga dan Permainan
Tradisional di Daerahku
|
3.3 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan sederhana.
4.3 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 3
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 4
|
6
Indahnya Persahabatan
|
1
Temanku
Sahabatku
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Jan Mg Ke 5
|
|
2
Tumbuhan Sahabatku
|
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan
manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 1
|
|
3
Sahabat Satwa
|
3.6 Mengetahui
konsep penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor dan
manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
4.6 Mempraktikkan
penggunaan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor dan
manipulatif sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak ritmik.
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 2
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 3
|
7
Energi dan Perubahannya
|
1
Sumber
Energi
|
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang,
dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis
(menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam
aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
|
1x4JP
|
Feb Mg Ke 4
|
|
2
Perubahan Energi
|
3.5 Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola
gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan
depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan
salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang
di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak
dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/
belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah
satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di
udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
|
1x4JP
|
Mar Mg Ke 1
|
|
3
Energi Alternatif
|
3.5 Mengetahui
konsep kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan
tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang,
dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis
(menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam
aktivitas senam.
4.5 Mempraktikkan
kombinasi berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan
dan lengan depan/ belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan
berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak,
mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
|
1x4JP
|
Mar Mg Ke 2
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Mar Mg Ke 4
|
8
Bumi dan Alam Semesta
|
1
Bumi
Bagian Dari Alam Semesta
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.3 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
|
1x4JP
|
Apr Mg Ke 1
|
|
2
Ketampakan Rupa Bumi
|
3.1 Mengetahui
konsep gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.7 Mengetahui
konsep gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam
aktivitas air.
4.7 Mempraktikkan
gerak dasar mengambang (water trappen) dan meluncur di air dalam aktivitas
air.
|
1x4JP
|
Apr Mg Ke 2
|
|
3
Perubahan Rupa Bumi
|
3. 5 Mengetahui konsep kombinasi berbagai pola
gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/
belakang/samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri.
4. 5 Mempraktikkan pola gerak dasar dominan
statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/samping, bergantung,
sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak
dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan
mendarat).
3.1 Mengetahui konsep gerak kombinasi pola
gerak dasar lokomotor dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1 Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar
lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
|
1x4JP
|
Apr Mg Ke 3
|
|
|
Ulangan Harian
|
1x4JP
|
Apr Mg Ke 4
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
NIP.
|
|
..............., .....................2019
Guru PJOK
( )
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar