RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD NEGERI 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester : 4 /1
Tema
: Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema :
Manfaat Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : (5x35 menit) 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.2.4 Membuat poster
tentapentingnya menghemenergi (melaksanakanhak dan kewajiban se
seimbang.
|
4.2
Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua
alat yang sama dan berbeda.
|
3.4.3 Membuat teks petunjuk tentang menghemat energi.
|
4.4 Menyajikan teks petunjuk menggunakan alat
dalam bentuk teks tulisan dan visual menggunakan kosa kata baku dan kalimat
efektif.
|
3.4.3 Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk
poster.
|
Muatan : Matematika
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2 Menjelaskan berbagai bentuk pecahan
(biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
|
3.2.1
Menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan gambar.
|
4.2 Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan
(biasa campuran, desimal, dan persen).
|
4.2.1
Membandingkan nilai dua pecahan.
|
C.
TUJUAN
- Setelah mengamati poster, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar.
- Setelah bereksplorasi dengan garis bilangan, siswa mampu menunjukkan perbandingan pecahan dengan garis bilangan dan gambar dengan benar.
- Setelah bereksplorasi, siswa mampu membandingkan nilai dua pecahan dengan benar.
D.
MATERI
- Mengamati poster dan menulis teks petunjuk tentang menhemat energi.
- Hak dan kewajiban secara seimbang terhadap penggunaan energi.
- Perbandingan pecahan dengan gari bilangan dan gambar.
- Membandingkan nilai dua pecahan dengan benar.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Mencoba
B.
Berdiskusi
·
Tulislah
pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda?
·
Tulislah
pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum?
·
Tulislah
pecahan yang menunjukkan pejalan kaki?
·
Mana
yang lebih besar? Pecahan untuk pejalan kaki atau sepeda.
·
Jelaskan.
·
Mana
yang lebih kecil? Pecahan untuk pengguna sepeda atau angkutan umum. Jelaskan.
Membandingkan pecahan.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk
membandingkan dua pecahan yang penyebutnya tidak sama.
6. Kamu bisa meletakkannya pada garis
bilangan. Jika letaknya semakin ke kanan maka nilai pecahan tersebut semakin besar.
Contoh: dengan
Maka lebih dari
7. Kamu juga bisa menyamakan penyebut.
Contoh : dengan
C.
Berlatih
1. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang
ada di buku siswa.
2. Siswa mengerjakan secara individu dengan
cara yang dianggap paling mudah.
3. Siswa mendiskusikan jawabannya secara
berpasangan.
4. Diskusi klasikal, guru memberikan kesempatan
kepada siswa soal yang dianggap sulit.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A. Renungkan
B.
Pengayaan
Siswa bisa diberikan soal-soal dengan
pecahan senilai yang lebih rumit.
C.
Remidial
Siswa yang belum bisa membandingkan
pecahan dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai
jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan
untuk beberapa siswa sekaligus.
D.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa
menyampaikan kepada orang tuanya tentang poster yang telah mereka buat dan
meminta pendapat orang tua.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
- Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
- Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
- Kartu-kartu bilangan pecahan
H.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari
pengamatan sikap, tes pengetahuan dan
presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai
berikut.
1.
PPkn dan Bahasa Indonesia:
Poster hemat energi
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
2.
Matematika-Eksplorasi
Membandingkan pecahan
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
3.
Diskusi
Diskusi saat membahas hak dan
kewajiban
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
I.
Catatan
Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan disiplin)
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü
Belum terlihat
ü
Mulai terlihat
ü
Mulai berkembang
ü
Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama :
……………………….
Kelas/Semester :
.....................................
Pelaksanaan
Pengamatan :
.....................................
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
·
Penilaian sikap (patuh, tertib, kreatif, dan mengikuti prosedur).
NO
|
SIKAP
|
KRITERIA
|
Keterangan
|
|||
Belum Terlihat
|
Mulai terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
|||
1
|
Patuh
|
|
|
|
|
|
2
|
Tertib
|
|
|
|
|
|
3
|
Kreatif
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengikuti prosedur
|
|
|
|
|
|
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
HERI EKOPURNOMO,S.Pd
NIP. 19621012
198405 1 003
|
Penusupan,…………..
Guru
Kelas 4,
UCI APRILIANTI,S.Pd.
NIP. ……………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar