RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SDN 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester : 4 /1
Tema
: Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema :
Manfaat Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : (5x35 menit) 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKn
Kompetensi
|
Indikator
|
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima
hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
2.2 Menerima hak
dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
3.2.3 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.2 Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.3 Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
Muatan : PJOK
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1 Memahami prosedur variasi
pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar
sederhana dan atau tradisional.
|
3.1.2 Menjelaskan prosedur
variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam
permainan bola besar.
|
4.1 Mempraktikkan prosedur
variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional.
|
4.1.2 Mempraktikkan prosedur
variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam
permainan bola besar.
|
Muatan : Bahasa
Indonesia
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1 Menemutunjukkan gagasan
pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau
visual.
|
3.1.1 Menemukan gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
|
4.1 Menata informasi yang
didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka
tulis.
|
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok
dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
|
C. TUJUAN
- Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
- Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
- Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
- Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
- Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar dengan benar.
- Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar dengan benar.
D.
MATERI
- Gagasan pokok dan gagasan pendukung.
- Gak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
- Gerak lokomotor dan non-lokomotor.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
A.
Berdiskusi
B.
Berlatih
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A. Renungkan
B.
Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa
berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual
tambahan yang disediakan guru.
C.
Remidial
Siswa yang belum mampu menentukan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa
bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan
pokok paragraf demi paragrap di bawah arahan dari guru.
D.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa menujukkan poster yang telah
dibuat kepada orang tua mereka. Siswa mengampanyekan kepada orang tua mereka
isi yang terdapat dalam poster tersebut. Siswa meminta orang tua mereka
menuliskan pendapat mereka tentang kampanye yang dilakukan siswa.
E.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chotib.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
- Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.
H.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
- Bahasa Indonesia
Poster dinilai
dengan daftar periksa.
Beri tanda
centang (√) sesuai pencapaian siswa.
- PPKn
Dinilai dengan
catatan anekdot
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü
Belum terlihat
ü
Mulai terlihat
ü
Mulai berkembang
ü
Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama :
……………………….
Kelas/Semester :
.....................................
Pelaksanaan
Pengamatan :
.....................................
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
Memahami hak & kewajiban
|
|
|
|
|
|
2.
|
Melaksanakan hak & kewajiban.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
- PJOK
PJOK dinilai
dengan catatan anekdot
Catatan:
- Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü
Belum terlihat
ü
Mulai terlihat
ü
Mulai berkembang
ü
Sudah terlihat/membudaya
- Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.
Contoh alternatif penilaian sikap
Nama :
……………………….
Kelas/Semester :
.....................................
Pelaksanaan
Pengamatan :
.....................................
No
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Keterangan
|
1.
|
Memahami gerak dasar lokomotor & non-lokomotor
|
|
|
|
|
|
2.
|
Memainkan permainan bola besar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
·
Penilaian sikap (rasa ingin tahu, objektif, teliti, cermat, tekun,
hati-hati, bertanggungjawab, menghargai kerja individu dan kelompok).
NO
|
SIKAP
|
KRITERIA
|
Keterangan
|
|||
Belum Terlihat
|
Mulai terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
|||
1
|
Rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
|
2
|
Objektif
|
|
|
|
|
|
3
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
4
|
Cermat
|
|
|
|
|
|
5
|
Tekun
|
|
|
|
|
|
6
|
Hai-Hati
|
|
|
|
|
|
7
|
Bertanggungjawab
|
|
|
|
|
|
8
|
Menghargai
kerja Individu dan kelompok
|
|
|
|
|
|
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
HERI EKOPURNOMO,S.Pd,
NIP. 19621012 198405 1 003
|
Penusupan,…………………..
Guru
Kelas 4,
UCI APRILIANTI,S.Pd
NIP……………………..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar