Minggu, 18 Agustus 2019

RPP KELAS 4 TEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan        : SDN 02 PENUSUPAN
Kelas / Semester          :  4 /1
Tema                           :  Selalu Berhemat Energi (Tema 2)
Sub Tema                     :  Manfaat  Energi (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke           :  6
Alokasi waktu              : (5x35 menit) 1 Hari

A.     KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKn
Kompetensi
Indikator
1.  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

1.2   Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

2.2  Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari


3.2  Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2.3 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4.2  Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.3 Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.


     Muatan :  PJOK
Kompetensi
Indikator
3.1  Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.

3.1.2  Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

4.1  Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional.
4.1.2  Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

Muatan :  Bahasa Indonesia
Kompetensi
Indikator
3.1   Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.

3.1.1   Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.


4.1  Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
4.1.1  Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.


C.     TUJUAN
  1. Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
  2. Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
  3. Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
  5. Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non- lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar dengan benar.

D.    MATERI
  1. Gagasan pokok dan gagasan pendukung.
  2. Gak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Gerak lokomotor dan non-lokomotor.

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan           : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah









F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
A.     Berdiskusi
  1. Memulai pembelajaran, guru bertanya kepada siswa: Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghemat energi?

  1. Sebelum melakukan kampanye, siswa melihat kembali rancangan poster yang telah mereka buat sebelumnya.
  2. Siswa diminta menyelesaikan poster tersebut sesuai kriteria yang telah ditentukan.
  3. Siswa  memberikan  tanda  centang  untuk  kriteria  yang  sudah  mereka penuhi. Berikut adalah kriteria yang harus dipenuhi.
  1. Setelah siswa memastikan bahwa poster yang mereka buat memenuhi kriteria, siswa mendiskusikan poster tersebut secara berkelompok.
  2. Siswa  berlatih  melakukan  kampanye  menggunakan  poster tersebut dalam kelompok.
  3. Setelah semua anggota kelompok siap, siswa menuju ke tempat-tempat yang telah ditentukan guru untuk melakukan kampanye sesuai pembagian tugas.
  4. Setelah selesai melakukan kampanye, siswa membaca teks berikut.
  1. Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa.


B.     Berlatih
  1. Guru menyampaikan bahwa siswa akan kembali bermain bola zig zag.
  1. Sebelum  bermain,  siswa diminta mendiskusikan kembali secara berpasangan cara memainkan permainan bola zig zag.
  1. Siswa menuliskan jawaban mereka di buku siswa.
  2. Sebelum melakukan permainan, siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan panduan guru.
  3. Siswa mendengarkan arahan dan contoh yang disampaikan oleh guru.
  4. Siswa mendiskusikans strategi sebelum bermain.
  5. Siswa bermain bola zig zag.
  6. Setelah bermain, siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa.



    150
    menit

Kegiatan
Penutup
A.     Renungkan
  1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.
           
B.     Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual tambahan yang disediakan guru.

C.     Remidial
Siswa yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragrap di bawah arahan dari guru.

D.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa menujukkan poster yang telah dibuat kepada orang tua mereka. Siswa mengampanyekan kepada orang tua mereka isi yang terdapat dalam poster tersebut. Siswa meminta orang tua mereka menuliskan pendapat mereka tentang kampanye yang dilakukan siswa.

E.  Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chotib.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 dari JGC
  4. Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Pemanfaatan Energi.


H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

  1. Bahasa Indonesia
Poster dinilai dengan daftar periksa.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.

  1. PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot
Catatan:
  • Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü   Belum terlihat
ü   Mulai terlihat
ü   Mulai berkembang
ü   Sudah terlihat/membudaya
  • Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.


Contoh alternatif penilaian sikap
Nama                                             : ……………………….
Kelas/Semester                              : .....................................
Pelaksanaan Pengamatan                : .....................................

No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Keterangan
1.
Memahami hak & kewajiban





2.
Melaksanakan hak & kewajiban.



















Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.


  1. PJOK
PJOK dinilai dengan catatan anekdot
Catatan:
  • Guru dapat menggunakan kata-kata untuk menyatakan kualitas sikap dan keterampilan.
ü   Belum terlihat
ü   Mulai terlihat
ü   Mulai berkembang
ü   Sudah terlihat/membudaya
  • Setiap hari guru dapat menilai minimal 6 siswa atau disesuaikan dengan jumlah siswa di kelas.



Contoh alternatif penilaian sikap
Nama                                             : ……………………….
Kelas/Semester                              : .....................................
Pelaksanaan Pengamatan                : .....................................

No
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Keterangan
1.
Memahami gerak dasar lokomotor & non-lokomotor





2.
Memainkan permainan bola besar



















Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.



·        Penilaian sikap (rasa ingin tahu, objektif, teliti, cermat, tekun, hati-hati, bertanggungjawab, menghargai kerja individu dan kelompok).

NO
SIKAP
KRITERIA
Keterangan
Belum Terlihat
Mulai terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
1
Rasa ingin tahu





2
Objektif





3
Teliti





4
Cermat





5
Tekun





6
Hai-Hati





7
Bertanggungjawab





8
Menghargai kerja Individu dan kelompok






Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                   :………..
3. Momen Spesial         :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,



HERI EKOPURNOMO,S.Pd,
NIP. 19621012 198405 1 003
Penusupan,…………………..
Guru Kelas 4,



UCI APRILIANTI,S.Pd
NIP……………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP KELAS 4 TEMA 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan      :   SD NEGERI 02 PENUSUPAN Kelas / Semester       ...